Rencana pergi ke Subang sudah bukan wacana. Setelah lama tidak jalan-jalan (padahal jalan terus), akhirnya bangun cepet juga buat ngejar udara pagi yang masih bersih di tanah orang. Pagi itu, kami  (sama Kang Egi lagi) mulai perjalanan sekitar jam-jam nya anak masuk sekolah. Dari Dago Giri sampai Cikole, hawanya bikin paru-paru bahagia. Iyalah, orang penyakitan gini emang harusnya sering-sering mendapatkan asupan oksigen yang jauh dari polusi ibukota. Begitu udah ngelewatin daerah Tangkuban Perahu, Subang sudah terlihat di pelupuk mata. Canda ding, masih jauh. Tapi tau-tau udah belok masuk daerah perkebunan teh dan kata Kang Egi itu udah masuk daerah Subang walaupun kabupaten. Deket ternyata, nggak kerasa karena sepanjang jalan yang diliat pemandangan ala-ala Petualangan Sherina. Maaf ya lebay, karena di  Malang kebun teh nya nggak sebagus di Bandung.

101600Sampai sana, niatnya beli serabi sama makannya di pinggir kebun teh gitu kan enak ya, kayak berasa lagi piknik. Tapi rupanya disuruh ke Subang lagi lain kali, karena hari itu tempat serabinya tutup. Jadi kita akhirnya cari sarapan berat. Nasi liwet sama ikan asin. Beh mantap banget asli! Gimana enggak, orang masaknya masih pake tungku tradisional (kalau di Jawa disebut pawon). Dan makannya juga tetep di pinggir kebun teh kok, jadi ya sama berasa semilir anginnya gitu. Nasi liwet di sana murah juga loh, padahal lauknya kami beli juga cukup banyak, plus sambalnya sedep kaliii. Bikin nagih euy! Kalau ke sana wajib makan di situ lagi.

101601 Terus teh nya apalagi. Di Sunda emang biasa kan ngasih teh tawar panas tiap di makan di warung, nah di sini juga. Bedanya, teh nya ini bener-bener enak. Tawar tapi kerasa banget aromanya. Teh dari daun-daun terbaik yang dipetik langsung dari kebunnya. Udah kayak iklan tv aja nih promosinya hahaha. Patut dicoba deh buat kalian yang iseng-iseng ngetrip ke Subang. Sambil nunggu makanan jadi, bisa sambil jalan-jalan di kebun teh, enakeun dah. Aku juga baru tau kalau metik daun teh yang bener itu gimana. Norak aing hehe. Pagi itu sarapan terenak sebulanan ini. Soalnya bulan-bulan kemaren udah lupa sarapan apa aja.

Setelah dari sana kami ngelanjutin perjalanan entah kemana aja deh yang penting seger. Isenglah kita nerusin ke Purwakarta. Masih lewat jalur kebun teh, dengan jalannya yang makadam, pelan-pelan Kang Egi nyetir sambil capek nahan rem hehe kasian pisan. Kanan kiri bikin mata melek banget, enak gitu liatnya. Nggak ada polusi sedikit pun kecuali motor yang kami naiki haha. Terus, kami sempat berhenti di tempat paralayang yang udah nggak kepake lagi karena dipindahin ke Garut. Sekali lagi, Batu kalah deh gunung Banyaknya haha. Bagus ini sumpah pemandangannya. Ketinggiannya sih mungkin sama, tapi karena ini bener-bener di tengah kebun teh dan nggak ada kendaraan yang melintas jadinya perfect deh. Kalian mesti ke sana (kalau gabut sih) ! Tempatnya enak buat merenung galau-galau atau sekedar ingin membahagiakan diri.

101605
dari atas tempat paralayang

Mungkin emang banyak tempat kayak gini di Jawa Barat, tapi yang baru aku tau ya ini dan langsung suka! Pingin balik lagi ke sana jadinya. Foto itu diambil pas agak sedikit mendung sih dan masih pagi sekitar pukul 9 an, jadinya langit belum cerah-cerah amat. Tapi tetep aja bagus.

101611
Situ Wanayasa

Lanjut ke Purwakarta tadi ya, yang aku kira ternyata jauh, ternyata nggak sampek sejam kami udah masuk daerah Purwakarta walaupun pinggiran. Dalam sehari tiga kota sekaligus, mainnya jauh amat Vel. Iseng juga sih, Kang Egi nawarin ke Situ Wanayasa. Aku iya-iya aja mumpung sekalian jalan. Ekspetasi tinggiku salah hahaha, Situ Wanayasa mirip Bendungan Selorejo di Ngantang  – Malang (kampungnya masa lalu *ea) tapi kali ini bagusan Selorejo. Soalnya ini Situ Wanayasa letaknya di pinggir jalan banget. Tapi ya nggak ada ruginya sih, biar tau aja dan biar pernah ke Purwakarta. Di sana kami berhenti di warung kopi pinggir jalan sambil ngobrol kemana-mana. Pas udah ngerasa panas banget nih baru kami balik ke Subang. Udah nggak kuat sm polusi jalan rayanya.

Ya namanya juga jalan pulang selalu terasa lebih cepat daripada berangkat, tau-tau kami udah masuk wilayah perkebunan teh lagi. Yaaah akhirnya, paru-paru aku bahagia lagi. Entah kenapa aku ngantuk banget, mungkin karena itu matahari di atas udah mulai semangat kali ya. Jadinya kami berhenti lagi di warung dekat area perkemahan di kebun teh. Di sana aku pesen kopi sachet tapi beh enak bangeeeettt. Robusta nya kerasa. Kopi Renceng namanya, produksi Bogor. Kenapa nggak beli buat bawa pulang ya. Terus nyobain bandrek asli bukan sachetan, plus ada kelapanya. Duh, makasih loh Kang Egi, selalu aja aku nyobain hal baru tiap kita main. Oiya, pas istirahat di warung itu ada pelajaran yang aku dapat (lagi serius nih). Jadi ceritanya ada dua ayam, satu jago satu betina. Tiap aku lempar jajan, si betina selalu dengan sigap merespon. Kalau si Jago kebalikan, dia diem aja aing dikacangin. Aku kira, ah si jago makannya milih-milih! Namun pas udah berkali-kali dan aku amatin baik-baik, ternyata si jago itu mau, tapi dia mendahulukan si betina. Tiap si betina uda gerak, makanya si jago diem. Tapi kalau si betina masih makan, dan aku nglempar lagi barulah si jago mau ambil. Itupun ketika uda dikunyah, terus si betina ngeliat, si jago langsung ngelepas dan dikasiin ke betina. OMG, kalian romantis sekali. Antara suami takut istri, atau emang si jagonya ini naluri prianya jalan. Pengertian gitu doi. Aku sampek diketawain Kang Egi gara-gara kurang kerjaan banget ngeliatin ayam. Hahahaa sederhana kan kang bahagia. Kadang hal-hal gak penting gitu justru penting buat diterapin di kehidupan kita sebagai manusia. Dimana ada kosakata menghargai, mengerti, dan mengalah yang harusnya bisa kita ketauin kapan saatnya dilakuin. Ayam aja bisa, masa kamu enggak. Malu dong sama akal.

101603.jpg
Pabrik Susu di tengah perkebunan Teh

Nah, setelah udah puas ngeliatin ayam, waktunya kami pulang. Kembali ke rutinitas nyata. Masih sama lewat jalan yang tadi, aku bener-bener menikmati hawa perkebunan teh yang gak bisa tiap hari aku rasain. Singkatnya, cerita perjalanan ini aku tutup dengan harapan bisa kembali ke sana buat nyobain serabi. Amin. Dan semoga kalian semua yang ngebaca, juga bisa menangkap pesan-pesan yang tersirat dari perjalanan kali ini. Siapa tau ada. Heuheue..

Terimakasih, sudah membaca!