Kata siapa Tahura (Taman Hutan Raya) Ir. Djuanda itu kecil, sok bilang ke aing. Tahura luas sia! Sampek desa di bawah Tebing Keraton aja masih termasuk kawasan Tahura. Yang bilang Tahura kecil ya jelas mah itu cuma lewat di kawasan wisatanya aja, yang masuknya bayar Rp 15.000,00. Jadi ceritanya hari ini trekking yang kesiangan tapi tetep dijalankan supaya nggak wacana. Bersama warga lokal, jalanlah kami ke Tahura lewat jalan belakang, pemukiman penduduk. Alhasil masuk tanpa bayar. Kesimpulannya, perbanyak teman warga lokal. Eh nggak gitu ding niatnya.
Awalnya, kami cuma mau ke Gua Belanda aja, start sekitar pukul 11 an. Langit tampak tak muram tapi tak juga senang. Matahari seperti segan menyinari, tapi tenggelam pun tak mau. Ya setidaknya hujan belum turun sih. Tapi udaranya masih tetep seger dong, ya iya hutan. Jadi paru-paruku kembali bisa bahagia menghirup yang bersih-bersih. Sebelumnya aku udah pernah juga ke Tahura sampai ke Gua Belandanya juga, cuma pas itu lewat jalur resmi. Kalau lewat jalur warga lokal baru ini. Ke Gua Belandanya pun nggak bayar juga dong, padahal pas dulu sama temen-temen, bayar guide, bayar senter, hehe rejeki. Namanya juga gua, gitu-gitu aja, lembab dan seram.

Kebetulan di gua cuma numpang lewat juga sih, entah tiba-tiba rute trekking diperpanjang sampai Curug Omas, Maribaya. Aku yang masih nggak paham kenapa dari Dago bisa sampek Maribaya tuh gimana, memilih untuk ikut aja jalan kemanapun mereka melangkah. Belum juga nyampek Curug Omas, kami ngelewatin penangkaran rusa. Sebenernya penangkaran rusa ini termasuk rute wisata juga loh buat mereka yang bayar masuk jalur wisatawan. Tapi kayaknya kejauhan deh jadinya nggak ada yang ke sini. Niatnya itu cuma duduk istirahat, terus pas ngobrol sama bapak-bapak yang lagi ngerapiin rumput, katanya 400 meter lagi udah nyampek penangkaran rusa. Ya sudah kami sekalian ke sana aja jalan-jalan mah bebas. Jalannya itu ngelewatin jembatan di atas sungai kitu, tapi sungainya kotor ih jadi bau. Padahal bagus loh alirannya (?) kalau bening airnya. Kami ngerasa udah jalan 400 meter lebih, tapi kok nggak nyampek juga. Mana ini rusanya. Yang ada mah dilalerin mulu. Kata bapaknya sih jalannya cuma satu. Eta bapa nu tadi beneran orang kan? ._.

Akhirnya setelah kurang lebih 15 menit sampailah di rumah si rusa. Gila ini mah, rusanya kesepian nggak ada pengunjung. Orang taunya penangkaran rusa cuma di Ranca Upas doang. Pas ke sana pas banget sama si rusa lagi mau makan, ya sudah sini neng suapin. Rusa di sana sekitar enam belas ekor jumlahnya, tapi kasian ada yang tanduknya dipotong. Jahat banget sih yg motong, kan jadi nggak ganteng eta mah huhuhu. Setelah puas nyuapin si rusa rusa tadi, kami melanjutkan perjalanan buat pulang. Ke curug Omas nya ditunda dulu karena takut keburu hujan dan udah capek juga sih hahahaha.

Bilangnya aja sih pulang, kayak macem udah deket gitu ya. Padahal mah, jauh pisan euy hahahhaa. Kami bener-bener masuk jalan hutannya, yang tanahnya juga belum diaspal, becek bekas hujannya jelas, banyak sumber-sumber air juga. Monyet ada, kadal ada, ular juga nemu, alhamdulillah babi hutannya nggak ikutan pingin ketemu kami. Konon sih masih ada babi hutan di sini, soalnya pernah ada anjing yang terluka (dalem banget, kayak aku :’) ). Tanjak menanjak, masih dengan semangat harbolnas 12.12, sedikit lari lari kecil biar cepet sampek ke warung pos terakhir. Begitu liat ada warung nyempil, langsung tiduran di kursi bambunya. Sumpah dah, lupa kalau terakhir makan ya pop mie jam 11 malem kemaren. Pantes kayak deg-deg. Kalau pingsan kasian ini yang nggotong di tengah hutan haha.

Setelah lumayan ilang capeknya, lanjut lagi kali ini beneran (lebih) hutan. Soalnya jalannya uda yang di tengah2 pohon gitu, mencari cari akar serabut untuk ditapaki supaya nggak kepeleset. Licin euy bekas hujan. Aku aja beberapa kali mesti digandeng biar nggak terjun bebas ke warung tadi, gara-gara sepatu nya gak comfort sih. Ada kali 20 menit bener-bener di dalem hutannya, udah nggak kuat banget takut pingsan gara-gara belum sarapan tadi, tapi kalau kelamaan berhenti takut hujan. Kalau ke sini lagi mesti sarapan sih fix. Akhirnya, sekitar jam 2 an tampak sudah rumah warga di atas sana. Eits, jangan senang dulu Ujang (biar nggak Ferguso). Masih ada hutan lagi yang harus dilewatin setelah pemukiman warga ini mah. Kali ini jalannya uda bisa diakses kendaraan. Alhamdulillah :’). Taunya apa, pas uda di ujung jalan, nembusnya ke desa di bawah tebing keraton dong. Duh apa ya namanya, lupa euy. Pokoknya lega banget masih segar bugar dan udaranya adem, ngangenin.
Sebenernya nggak gila-gila amat jalan dari Dago Pakar sampai ke Tebing Keraton.
Yang bikin gila itu, aku nggak sarapan! Udah, takut pingsan aja wkwk. Pas barusan aku googling ternyata jaraknya sekitar 6km. Dan itu orang udah biasa olahraga lintas alam di kawasan sana. Cuma kebetulan tadi nggak ada selain kami yang trekking di sana. Atau karena udah kesiangan mereun hahaha.  Dulu pernah liat orang jalan dari bawah ke atas sini, dalam hati bergumam “Aku mah mana kuat jalan kaki dari bawah. Naik motor masih enak kok.” See, nyatanya bisa kan.
Sekitar setengah 3 sore, kami memang sudah sampai di tepi jalan, tapi belum sepenuhnya itu jalan pulang. Kami masih harus ngelewatin jalan turun yang nggak nyantai dengan nafas udah Senin-Kamis. Hahaha lama nggak olahraga sih. Sampai pada akhirnya di pertigaan jalan ke Warung Langit, kami memutuskan memanggil bala bantuan supaya mau njemput kami pake motor.

Lelah. Tapi cukup sedikit “memulihkan” 🙂
Terimakasih akang-akang. Sekian.
*kapan-kapan masih pingin nyobain ke Curug Omas – Curug Maribaya

Jangan pernah memutuskan untuk kembali atau mundur lagi. Jalan di depan masih panjang, walaupun ngelaluinya nggak gampang. Tapi percaya, rasanya sangat melegakan ketika berhasil sampai di tujuan.
Kalau sudah mikir mustahil duluan, ya tetap akan mustahil kalau nggak dicoba.