April 20, 2019

Sesuai janji di twitter, bakal konsisten nulis 30 hari ke depan. Everyday. And, I’m starting today.
Singkat pembuka, selama sebulan ke depan aku bakal ngejalani short course di Goldsmiths, University of London. Pastinya banyak experience yang belum pernah aku rasain sebelumnya. Tinggal di negara orang bareng temen-temen dalam waktu yang bisa dibilang cukup lama tapi juga bisa jadi terasa singkat. Tergantung bagaimana nanti aku menikmatinya 🙂

Masih di bandara, bahkan ketika masih di Bandung sudah ada banyak skenario drama yang disiapin Tuhan buat aku. Intinya, semua keadaan dua hari kemarin di Bandung ngebuat aku berpikir penipu-penipu nggak cuma di infotaiment. Tapi ada di depan mata. Dan semua keadaan yang tiba-tiba memaksaku untuk panik, lalu berpikir jelek ke seseorang yang padahal hati kecil aku masih ngga percaya dia akan berbuat jahat. Aku yang orangnya nggak enakan, udah panik dulu, nangis dulu, bingung setengah mati kepala mau pecah. Di saat-saat itu aku tau aku nggak akan bisa tenang sendiri dan aku bersyukur aku punya sahabat yang begitu ngerti aku, begitu paham kondisi aku, dan dia nuntun aku pelan-pelan buat bertindak logis. Pelan-pelan masalah terkait tiket keberangkatan pun menemui titik terang. Dari hari sebelumnya, aku cuma mikir buat untuk nggak mengeluh, lebih bersyukur, dan ngeliat semuanya dari segi positif. Tapi besoknya dikasi ujian lagi rasanya bener bener hampir putus asa. Kemudian ada seorang teman, dia kebetulan sudah enam tahun tinggal di Jerman sebelum akhirnya balik melanjutkan S2 di Indonesia. Banyak nilai yang aku ambil dari sharing dia tentang pengalamannya selama keliling 20 negara di Eropa. Aku yang baru sekali ini pergi jauh dan sendiri, pasti kaget dengan kejadian kemarin. Hal-hal seperti itu di travelling biasa. Kerugian materi dalam travelling itu pasti. Uang bisa dicari. Tapi experience yang sangat berharga itu nggak selalu akan datang. Banyak pelajaran yang bisa diambil atas setiap masalah sekalipun itu bukan travelling. Dan dalam travelling dia meyakini bahwa ada yang namanya proses pendewasaan. Bagaimana dalam sebuah kelompok belajar pula untuk tidak saling bergantung, namun saling mendukung. Belajar untuk bisa membawa diri sendiri terlebih dahulu sebelum menolong orang lain. Ini bukan soal masalah egois, tapi kalau diri sendiri belum bisa berdiri akan lebih merepotkan orang lain nantinya.

“It’s just beginning, Vel. Di London nanti bakal lebih banyak ‘kejutan’ yang menanti lo. So, rilex aja jangan panik. Tarik nafas dulu ngga usa mikir apa-apa 3-5 menit berikutnya. Kenapa gw suka travelling, buat gw jadi orang lebih baik dari setiap trip yang dijalanin. Jurus ampuh pas pusing ada problem lagi travelling, inget aja mau foto-foto biar semangat lagi.”

“Yes. Foto-foto di tempat Harry Potter. Wajib. Udah bawa tongkat sihir.” 🤣🤣🤣

So, here I’m. Di Bandara CGK sendirian dari tadi dini hari. 20 jam mengamati aktivitas di bandara. Quality time sama diri sendiri setelah ditinggal temen yg flight duluan, dari laptopan beresin kerjaan, baca buku yg baru sempet dibuka sampulnya, telponan sm temen, ngajak ngobrol anak kecil yg jago baca, dan termasuk bikin tulisan ini. Kegiatan itu semua semata mata nunggu flight ke London yg bakalan transit dulu di Amsterdam. Sendiri. Buat aku ini bener2 first experience yg gak bakal aku lupa setiap detilnya. Awalnya mungkin memang sempat panik, karena kepressure masalah sebelumnya. But, now I’m very excited!

After passing that, It’s just beginning. Waiting for “surprise” in Amsterdam! 👋