May 05, 2019

Hari ini hari terakhir sebelum puasa di London. Kalau di Sunda ada istilah munggahan, kami di sini cukup dengan masak-masak seperti biasa di rumah :’) Kali ini aku bakal nyeritain serunya Ramadhan pertamaku di negeri orang, iya di negeri orang :’)

Aku baru pertama kali merantau pas menginjak Bandung. Tahun lalu adalah Ramadhan pertama ku sebagai perantau. Pertama kalinya merasakan merantau jauh dari rumah, puasaan sendiri di kota orang. Dan tahun ini, nggak pernah kebayang bakal ngerasain lagi puasa merantau, di negeri orang 🙂

Walaupun di negeri orang, tapi nggak sendiri-sendiri banget lah. Kan berumah empat orang hehe. Malam puasa pertama kami memutuskan untuk tarawih di masjid dekat rumah, Lewisham Islamic Center. Di London, masjid tampak luarnya tidak seperti masjid di Indonesia. Begitupun dalamnya ternyata. Jadi masjid di sini nampak seperti bangunan biasa dan adzannya pun nggak kedengaran sampai luar.

Lewisham Islamic Center

Waktu berangkat ke masjid, untung nggak mepet-mepet banget karena nyampek sana ternyata sudah cukup padat. Terus di sini kalian nggak akan menemukan tempat wudhu kayak di Indo yang letaknya di depan masjid atau di belakang yang jalannya gampang. Tapi di sini cuma ada toilet dan itu di dalem ruangan ya kayak rumah gitu.
Di masjid ini, selalu dikasi segelas air mineral pas mau masuk. Padahal nggak dimasukin kulkas tapi sudah dingin kayak mantan karena cuaca yang sangat dingin hehehe.

Pas masuk masjid, keki dong aku karena semua pada pake jilbab wkwkw. Ya kalau di Indo mah teraweh pake mukena langsung aja. Di sini ngga ada yang pakai mukena, karena pakaiannya udah yang tertutup syar’i gitu. Jadi orang Islam yang di masjid ini rata-rata keturunan Timur Tengah. Kalaupun ada warga lokal ya mungkin rambutnya kelihatan dikit ala-ala ibu pejabat gitu. Rasanya saat itu juga pingin gamis yang beli pas umroh dulu dikirim ke sini :’) Biar kepake dan sama kayak mereka hehe.

Btw, ini pertama kalinya juga aku masuk masjid selama di London. Begitu mendengar adzan, rasanya merinding. Udah lama nggak denger adzan, terus suasananya pas Ramadhan gini di daerah yang muslimnya minoritas, bener-bener bikin merinding.

Terus semakin lama semakin padat banget ini masjid. Sumpah, aku nggak kuat dihimpit-himpit ya Allah :’) Maapkan nggak sampai selesai tarawihnya :”) Aku pun memilih mundur dengan pasti sebelum kepanasan juga (padahal di luar dingin pisaan).

Pas mau jalan keluar masjid, subhanallah penuh banget sumpah sampek susah keluar. Pada semangat semua teraweh, entahlah apa karena malam pertama, seperti di Indo pada umumnya wkwk.

Setelah selesai teraweh, kami sempat berbelanja sebentar di dekat masjid. Kebetulan toko orang Turki gitu, jadi kami nggak akan kesulitan beli daging yang halal. Pemandangan malam itu benar-benar sesuatu. Ngelihat banyak orang keluar masjid, belanja buat keperluan sahur, orang pakai gamis antri menunggu bus, semuanya bener-bener bikin London menjadi nampak bersahabat bagi kami para Muslim 🙂

Minimarket sebelah masjid