Terkadang sebagian orang berpikir bahwa pergi liburan ke museum amatlah membosankan. Padahal tidak seburuk itu, justru sebaliknya. Cobalah sesekali mengunjungi museum di saat punya waktu luang. Kalian akan menemukan hal-hal baru yang mungkin tidak pernah kalian ketahui sebelumnya.

Di tulisan ini, aku akan membagikan info terkait museum yang menurutku asik sekali dikunjungi ketika sedang berada di London Selain bangunannya yang cukup bersejarah, isinya pun nggak kalah menarik untuk dieksplor. Antusias pengunjung lain yang datang juga mampu memberikan daya tarik tersendiri.

1. National Gallery

National Gallery

Lokasinya berada di pusat kota, tepat di depan Trafalgar Square. Jadi tidak cukup sulit untuk menemukan bangunannya karena dari kejauhan sudah bisa terlihat. Museum ini didirikan tahun 1824 oleh pemerintah Britania Raya. Koleksinya tak lain adalah karya seni berupa lukisan-lukisan yang mencakup lebih dari 2000 karya.

Museum buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 18.00. Khusus hari Jumat, mereka buka lebih larut, sampai pukul 21.00. Pengunjung tidak dikenakan biaya sepeser pun untuk masuk ke museum, kecuali jika ingin ke pameran tertentu yang sedang diadakan.

Natural History Museum

2. Natural History Museum

Nah, anak-anak pasti suka jika diajak berkunjung ke museum yang satu ini karena di dalamnya terdapat fosil-fosil dinosaurus. Sehingga ingatan mereka akan kembali pada film Jurassic Park dan Night at The Museum.

Untuk masuk ke dalamnya, pengunjung tidak diperlu membayar alias gratis. Namun disediakan kotak donasi bagi yang mau menyumbang. Karena buka mulai pukul 10.00 – 17.50 jadi bisa puas berlama-lama mengelilingi museum yang cukup luas ini.

3. Victoria and Albert Museum

Victoria and Albert Museum

Museum ini letaknya pas berseberangan dengan Natural History Museum. Wah, sekali jalan dua tiga pulau terlampaui. Masih tetap sama, untuk masuk ke dalamnya pengunjung tidak perlu membayar. Rata-rata museum di London memang digratiskan. Jam buka pun hampir semua sama.

Bedanya dengan museum sebelumnya, lebih berisikan budaya dan sejarah peradaban bangsa-bangsa di dunia. Nggak cuma dari Eropa, tapi juga beberapa negara di Asia. 

Kalau museum ini lebih ke arah semi kontemporer. Masih ada tradisional, klasik, unsur budayanya, tapi tidak meninggalkan kesan modern sesuai perkembangan jaman.

4. British Museum

British Museum nggak kalah luas dengan Natural History. Koleksinya sekitar 8 juta lebih dari seluruh benua. Isinya gambaran tentang sejarah kebudayaan manusia dari awal tercipta sampai saat ini. 

Yang jadi favorit pengunjung di British Museum adalah di bagian Mumi. Ini bisa dilihat dari penuh sesaknya pengunjung di area ini. Sebagian ada yang sibuk berfoto, sebagian lagi benar-benar mengamati mumi ini secara detail. Mumi Mesir ini disimpan dalam kotak-kotak kaca dan terdapat 100 lebih koleksi yang disimpan dalam dua ruangan.

Di salah satu ruangan yang lain terdapat penuh postcard dengan berbagai model dari segala penjuru dunia. Postcard di ruangan ini beberapa menggambarkan situasi pada jamannya dibuat. Atau sekedar slogan-slogan maupun simbol tertentu.

5. National Maritime Museum

Museum ini bisa dibilang museum terbesar di dunia untuk yang sejenisnya. Letak bangunannya masih jadi satu dengan Royal Obsevatory Greenwich dan rumah Ratu Inggris pada abad ke-17.

Sejarah pelayaran Britania dipamerkan di museum ini. Anak-anak juga pasti suka jika diajak ke National Maritime Museum karena tersedia pula galeri yang mengajarkan ketrampilan-ketrampilan bahari.

Jadi, mulai tertarik kan jalan-jalan ke museum? Jangan lupa mampir ke sana ya kalau ke London! Semoga pandemi ini cepet berlalu :’)

ps: Pacaran di museum juga menyenangkan!